Sunday, January 18, 2009

Nizhny Novgorod, Russia (5 Jalan-jalan)

Суббота, 17 Яанваря 2009, niat dari 2 minggu lalu untuk jalan-jalan ke pusat kota Nizhny, akhirnya jadi juga. Mumpung suhu lagi agak hangat, sekitar -4C hingga 0C. Seminggu sebelumnya rata-rata -15C hingga -13C, malah sempat drop hingga -24C. Dan teman menginfokan bahwa akhir bulan ini temperature akan kembali drop dibawah -10C. Suhu segitu, cukup 30 detik di luar sudah membuat telinga saya mati rasa (kalo disentuh takutnya patah lagi hehehe…), ujung jari rasanya sakit banget kayak abis ketimpa almari, napas pake hidung sudah seperti menghirup inhaler berkekuatan 10X lipat (upil saya kadang-kadang ada darahnya.. huhuhu…), telapak kaki rasanya kesemutan kayak abis jongkok semaleman main domino, pokoknya bagi saya itu bukan dingin lagi tapi siksaan.

Untuk menuju ke sana dari arah Gagarina Avenue, ada beberapa bus yang melewati route tersebut salah satunya bus nomer 43. Petunjuk si Daniel, saya tinggal turun di perempatan yang pertama saja, dan mulai jalan dari situ sekalian lihat-lihat area pertokoannya Nizhny. Perempatan yang dimaksud adalah Lyadova Square (Пл. Лядова). Dari situ saya cukup berjalan 10 menit untuk mencapai Gorkova Square (Пл. Горъкова). Di Gorkova Square ada sebuah taman dengan sebuah patung di tengahnya yang menjadi simbol taman tersebut. Setelah menyeberangi taman, saya berjalan menuju Pokrovskaya (Покровская), area pertokoan juga yang jalannya dikhususkan buat pejalan kaki atau pedestrian area. Awalnya saya agak canggung motret sana sini, tapi begitu saya liat orang Russia sendiri pada narsis foto-foto akhirnya saya jalan terus eh motret terussss.... Di ujung jalan Pokrovskaya adalah Minina Square dimana Kremlin-nya Nizhny berada. Di ujung jalan kita belok kiri dan di situ ada under pass untuk nyebrang jalan dan langsung berada di depan Kremlin wall. Sesuai saran Daniel, saya ambil arah kiri menyusuri dinding kremlin. Di ujung dinding saya bisa melihat pertemuan dua sungai besar yang melewati kota Nizhny, yaitu Sungai Oka dan Volga yang sudah tertutup salju. Mungkin sungainya dah beku kali, pikir saya, soalnya di tivi lagi banyak liputan acara mancing di sungai yang lagi beku.

Selanjutnya biar gambar hasil jepretan saya yang bercerita...

Gorkovski Park

Pokrovskaya




Polisi muda berkeling dan saya liat tiap kelompok terdiri dari 3 orang. Jadi ingat calon polisi di Indonesia yang berjaga di setiap lampu merah :)


Setelah berhasil nyegat cewek yang lagi lewat dan dengan bahasa Tarzan minta bantuan untuk dipotret akhirnya bisa mejeng lagi depan sabuah patung di Porkovskaya Square. Sepanjang jalan ini banyak patung yang dipajang di tepi jalan atau sebagai aksesoris depan toko.

Nizhny’s Kremlin Wall



Gedung pemerintahan kota Nizhny yang berada di dalam dinding Kremlin.

Patung simbol kota Nizhny ini bisa kita lihat juga kalo searching tentang Nizhny di wikipedia :)

Beberapa kendaraan perang dan senjata berat Russia juga di pajang di dalam dinding Kremlin

TiaraaaPppp... !!!!

Menahan dingin untuk difoto dalam dinding Kremlin dengan berlatar belakang sungai Oka dan Volga. Ada yang sedikit lucu di sini, bapak yang berbaik hati motret saya, malah bertanya, kalo yang ini sungai Volga, yang itu apa? (Dalam bahasa Russia tentunya, saya cuma menangkap beberapa kata yang familiar untuk mengerti pertanyaannya) Kebetulan tahu ya saya infoin aja kalo itu sungai Oka, Beliau pun mengangguk-angguk. Turis lokal berarti, tebakan saya.

Pertemuan antara sungai Oka dan Volga.


View kota Nizhny dari tepi luar dinding Kremlin

Bahkan Russia pun tidak bisa mengelak dari serangan Amerika Serikat yang satu ini

Capek jalan berkeliling, udara semakin dingin, dari tadi pengen kencing, saya pun segera pulang naik kambing... Brrrmm Brmmm ... eh salah Mbekk.. mbeeeekkkkk.... Heee... bohh.... Hahahahaha...

*** Btw... perhatikan backgorund-nya dong... saya emang pandai mengambil posisi yang baguskan???... Hwhehehe.....



Wassalam,

Tакбир

3 comments:

TRISULA FARM said...

hallo,...

saya dodi,...
pa kabar nya?
saya liat mas ,.....jadi pengin ikutan main disono.....
sebenarnya saya ada kenalan disono,........katanya tinggal di kota kecil Laish,....beberapa km dari moscow,..kebetulan dia bisa bhs.inggris......
mas disono kerja atau apa?
saya kepengin jg traveling gitu,...dan berkunjung kesana ,.......tp rasanya beayanya pasti mahal,....sedang saya cuman seorg pegawai biasa saja di jakarta,...
apa ada saran mas? and bisa kasih masukan sedikit,...biaya akomodasi dan makan? dan cara2 nya biar bs ber traveling dgn biaya murah,...?
oh yah dia bilang org rusia kurang bersahabat dgn org asing? dan banyak kasus perampokan dan penodongan thdp org asing disono mas?
terima kasih ...
saya di alamat dodipepito@yahoo.com

wasalam
dodi wibowo

Limousin Geldenquelle said...

sudah lama sy pengin jalan2x ke russia. bagi tips nya dong. trus budget yang minimal harus disediakan berapa yah ? boleh minta no hp nya gak ? thx

Takbir said...

@ Dodipepito

untuk travelling dgn biaya sendiri sy belum bisa memperkirakan berapa kira2 biayanya. Soalnya disana kemarin cuma 3 bulan dalam rangka kerjaan juga. tapi perkiraan saya yg jelas sih mahal mas hehehe...

Orang Russia bukan tidak bersahabat dgn orang asing, tapi karena belum kenal kita jadi bawaannya waspada mulu kali.. tapi pengalaman saya di Nizhniy, mereka pada welcome kok. Senang malah bertukar informasi ttg kota asal dan kebudayaan masing2... Tapi emang ada sih kelompok rasis skinhead yg tdk suka ada bangsa kulit berwarna, itu adanya di Moskow aja kayaknya.

@Limousin
Saya juga suatu saat ingin jalan2 lagi ke sana tp sebagai backpacker. Ingin melintasi siberia dari Vladivostok-St.Peterburg. Naik KA Siberian express.
tapi berhubung biaya yg lumayan jadi masih berharap aja dulu...

Kontak di ahmad.takbir@gmail.com